Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Remaja dibentuk untuk mengarahkan pergaulan ramaja masa kini agar mampu menghadapi segala pengaruh dari lingkungan sekitarnya. Beberaa hal negative seperti pergaulan bebas dan juga penyalah gunaan narkoba, hendaknya diperkenalkan. Hal ini penting untuk memberi pangetahuan tentang akibat-akibat yang timbul bila mendekati atau memasuki hal tersebut. Sebagai Pembina, tentu saja sebatas memberikan arahan. Tapi nantinya kembali lagi kepada pribadi itu sendiri untuk bijak memilah yang baik bagi kahidupan mereka.

Tujuan dibentuknya PIK Remaja antara lain adalah sebagai wadah untuk memberikan solusi, nasehat maupun jalan keluar bagi kawan sebaya yang mempunyai permasalahan pergaulan, reproduksi dan narkoba. Organisasi yang bernaung di bawah pokja 1 PKK Ds sidoharjo ini berkembang dengan pesat.

Banyak kegiatan yang telah organisasi ini lakukan. Dengan ikut aktif dalam pembinaan remaja setiap bulannya. Mengikuti lomba antar pik hingga tingkat propinsi, mengadakan kegiatan tahunan, dan msh bnyk lg yg lainnya.

Kegiatan PIK ini berkembang dalam berbagai bidang. Salah satunya adalah acara pentas seni dalam rangka menyambut tahun baru 2012.

Persiapan acara dalam menyambut tahun baru 2012 sudah dilakukan warga Desa Sidoharjo, Kecamatan Pati, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, sejak tiga bulan sebelumnya. Penyelenggara acara ini adalah pemuda pemudi warga Desa Sidoharjo, dengan pendukung acaranya adalah warga desa sendiri.

Kegiatan seperti halnya pentas seni ini sudah berlangsung sejak 2010-2011. Bahkan semakin bertambah tahun semakin ramai dan guyub berkat kerja sama antar sesama warganya. Memasuki tahun ke duanya, penggiat acara ini semakin banyak saja.

Antusiame warga terlihat dalam keterlibatan mereka untuk mendaftarkan putra putri mereka sebagai pengisi acara pentas seni ini.

PIK-R Taruna Ceria sendiri terbentuk pada tahun 2009. Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Remaja sebagai wadah kegiatan positif bagi remaja dalam mengisi masa-masa tumbuh kembangnya, hendaknya pintar mencari peluang untuk memajukan organisasinya.

Bagai satu tubuh yang antar organnya saling bekerja sama supaya badan senantiasa sehat, seperti itulah kerja sama warga Desa yang satu ini. Antar divisi yang terpilah pilah menurut perannya masing-masing ini bekerja dengan serius mempersiapkan segalanya.

Penyelenggaraan acara pentas seni sendiri diselenggarakan hari Senin tanggal 2 Januari 2012. Persiapan panggung sudah dimulai siang harinya. Kedatangan panggung dan tenda tratag, disusul alat musik, sound system dan tata lampu.

Banyak pengisi acara yang sudah bersiap melakukan gladi. Dimulai dari paduan suara ibu PKK, kemudian paduan suara PIK-Remaja. Masing-masing mempersiapkan diri sesuai bagiannya.

Disusul dengan operet yang melakukan gladi sambil menyesuaikan lebar panggung dan setting in out yang nantinya dilakoni.

Kelar gladi bersih operet, tim tata panggung mengadakan checking untuk alat band dan lighting. Karena bintang tamu utama sudah hadir sore itu, maka segera didaulat untuk naik ke panggung. Acara jamming beerlangsung meriah. Pengecekan sound ini berlangsung dengan lancar dan sempurna. Semua-muanya tampak siap untuk acara malam nanti. Semua orang kembali ke rumah masing-masing untuk bersiap-siap.

 

Acara pensi pun dimulai tepat pukul tujuh malam itu. Hadirin dan tamu undangan sudah hadir di venue. Semua orang tampak antusias. Wajah mereka tampak sumringah. Mereka ini datang bersama keluarganya, bahkan ada yang membawa teman sebaya.

Sususan acara sebagai berikut:

  • Mars PKK oleh ibu-ibu anggota PKK Desa Sidoharjo
  • Mars PIK remaja oleh anggota PIK-R ‘Taruna Ceria’
  • Kata sambutan oleh ibu Harini sebagai ketua PIK-R ‘Taruna Ceria’
  • Kata sambutan oleh bapak Siswoyo sebagai Kepala Desa Sidoharjo
  • Tari-taarian tradisional dan modern oleh anak-anak dan remaja
  • Operet remaja
  • Band-band dari Desa Sidoharjo
  • Bintang Tamu: Atap Band

Acara terbuka ini dihadiri oleh hampir semua warga Desa maupun hadirin dari luar. Semua tumplek blek menjadi saksi keriuhan pentas seni.

Tarian bergenre tradisonal, moden dance, sampai boyband dan girlband ikut memeriahkan acara malam tersebut.

Salah satu hal yang paling ditunggu adalah operet remaja yang penampilannya pada tahun sebelumnya sukses menggemparkan dan membuat decak kagum penonton, malam itu kembali hadir. Pada tahun sebelumnya, operet remaja ini mengusung judul ‘Suminten Edan’, telah sukses menghipnotis penonton. Membawa para bapak ibu warga Desa Sidorjo pada memori masa muda mereka, dimana operet adalah tontonan menarik dan ditunggu.

Pada tahun 1989 operet sempat menyita perhatian dan kecintaan masyarakat. Maka tidak heran bila antusiame penonton meruah. Apalagi yang tampil ini adalah generasi muda, anak-anak mereka yg tergabung dlm PIK-R, sedikit banyak menostalgiakan angan mereka.

Penampilan operet malam itu bertajuk ‘Lair Sajroning Kubur’ atau bisa dialihbahasakan menjadi ‘Beranak Dalam Kubur’. Penonton seperti mengikuti alur dengan hikmat. Pun suasana yang di set sedemikian rupa sehingga penonton seperti berada dalam suasana mistis. Sebagian tampak merinding saat setan bergentayangan. Ditambah lagi pocong yang menghampiri ke tempat duduk penonton satu persatu. Aroma menyan menyeruak rongga hidung. Banyak yang berteriak ketakutan. Bahkan sekumpulan lelaki berperawakan garang yang tengah meonton pun lari tunggang langgang.

Selanjutnya penampilan band-band lokal Desa Sidoharjo menambah riuh antusiasme penonton malam itu. Tapi, kesenangan tidak berhenti disini saja. Bintang tamu malam itu, Atap Band, telah ditunggu-tunggu. Mood penonton terdongkrak dengan lagu-lagu yang dibawakan Band ini.

Mengenai Atap Band Sendiri, merupakan band yang hampir seluruh anggotanya adalah warga Des Sidoharjo. Reputasi mereka di Pati tidak bisa dipandang sebelah mata. Terbukti, permainan mereka sanggup membikin nyaman kuping pendengar malam itu.

Singkatnya, acara yang bertajuk Pentas Seni ini menuai banyak pujian dan tentu saja mempererat kekeluargaan antar warga Desa Sidoharjo. Dengan harapan, semoga ke depan lebih baik lagi dalam peyelenggaraannya, dan PIK-Remaja akan bisa menjadi wadah penyaluran aspirasi positif pemuda Desa Sidoharjo.

Advertisements